Tips Troubleshooting PC


Trouhobleshooting mungkin ada yang bertanya apa sih maksudnya “bagi yang tidak mengerti masalah teknis komputer” pengertian tersebut adalah bagaimana cara memperbaiki PC ( personal computer ). Melacak masalah mungkin tidak semudah memasukan konektor yang lepas, ketika masalah tidak jelas, tidak selalu menjadi hal yang kita kira. Namun untuk menentukan masalah umum gampang saja, jika kita mengerjakan dengan benar, tidak perlu orang yang pandai dan tahu banyak tentang komputer, disini yang diperlukan adalah  upaya yang mirip dengan dokter, pendekatan metodik dan kesabaran dalam menyelesaikan suatu masalah. Ada beberapa aturan yang mungkin bisa membantu dalam mendiagnosa masalah PC secara umum terbagi atas 6 yaitu Jangan merusak, kita mungkin tidak mengira hal ini, namun ketika mencoba mendiagnosa sebuah masalah komputer, dapat diibaratkan seperti seorang dokter, anggaplah ketika mesin komputer kita crash “system tiba-tiba mati” sementara kita sedang mengerjakan dokumen ataupun laporan penting, dan belum sempat menyimpan dokumen tersebut, jadi hal pertama yang dilakukan adalah reboot komputer, seperti itulah masalah yang sering terjadi.

  • Jangan abaikan yang tampak, disini diibaratkan ketika anda sedang menggoreng pisang “wah enak nich” apabila pisang telah matang maka akan terlihat dari warnanya yang menguning, apabila pisang goreng tersebut hangus maka akan terlihat kehitam – hitaman sehingga kita akan segera tau bahwa kita terlalu lama menggorengnya ataupun karna kita menyalakan api pada saat menggoreng terlalu besar, jadi apabila terlihat sesuatu yang aneh pada saat komputer mengalami masalah, seperti monitor tiba-tiba mati ataupun pada saat menghidupkan komputer terlihat tidak kunjung masuk ke system. Berarti tinggal menguji coba monitor di hidupkan lagi ataupun mungkin ada kabel yang kurang pas pada saat memasang di stop kontak ke listrik.
  • Lakukan yang kita bisa, adalah ketika berhadapan dengan sebuah masalah yang tidak anda mengerti, lakukan bagian apa yang ansda mengerti, kemudian melangkah mundur dan mengamati masalahnya kembali. “Robert A heinken the moon is a harsh misteress” narrator orang pertama yang menjadi teknisi komputer. Jadi paling tidak anda lakukan apa yang anda bisa sebelum menyerahkan kepada orang lain.
  • Sederhanakan, batasi, dan tukarkan, jadi sederhanakanlah masalah disini akan semakin sedikit hal yang kita butuhkan dalam melacak sebuah masalah, paling tidak matikan program yang tidak diperlukan, dan juga melepas perangkat keras yang tidak diperlukan.
  • Batasi, didalam menyederhanakan anggaplah anda mempunyai masalah dengan cetakan, driver printer. Dengan menyederhanakan ada lima kemungkinan penyebab masalahnya perangkat lunak yang dipakai untuk mencetak, driver printer yang mungkin tidak sesuai dengan printer yang digunakan, perangkat keras komputer, kabel dan printer itu sendiri.
  • Tukarkan dengan melakukan pertukaran beberapa komponen yang telah kita diagnosis tersebut yang mengalami masalah misalkan monitor tidak hidup maka kita coba dengan monitor lain apakah sama tidak hidup, apabilas tidak hidup berarti masalahnya terdapat pada komputer itu sendiri.

Sumber :

Stone David M & Poor alfred, “Throubleshooting your PC”, PT Elexmedia Komputindo. Jakarta 2001.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kalender

    • November 2009
      S S R K J S M
      « Okt   Des »
       1
      2345678
      9101112131415
      16171819202122
      23242526272829
      30  
  • Cari